Rabu, 12 Oktober 2011

tanggung jawab wisausaha ke konsumen


Pontianak - Astra Motor Pontianak selaku main dealer resmi sepeda motor Honda di Kalimantan Barat menyadari betul tanggung jawab-nya sebagai distributor sepeda motor Honda. Untuk itu, diadakanlah kegiatan yang berkesinambungan untuk internal (dealer) dan eksternal (konsumen).
 
 
Secara internal diadakan seminar bagi dealer sepeda motor Honda se Kalimantan Barat yang membahas mengenai penangan keluhan konsumen. Sedangkan dari sisi eksternal doiadakan talkshow di Radio Vista FM. Ke-2 kegiatan ini menghadirkan narasumber yang tentu saja kompeten di bidangnya, mulai dari Lembaga Pemberdayaan Konsumen dan Lingkungan (LPKL) : Bpk Burhanudin Harris, Harian Tribun Pontianak : Bpk Hasyim Ashari, Blogger Nasional TMCBlog : Bpk Taufik Hidayat.
 
Seminar dari sisi internal diyakini dapat membekali dealer agar semakin fokus pada pelayanan dan juga penyelesaian keluhan apabila terjadi keluhan dari konsumen. Dealer sepeda motor honda diedukasi mengenai hak dan kewajiban selaku pelaku bisnis dalam bertransaksi dengan konsumen. Disampaikan bahwa baik pelaku bisnis maupun konsumen sama-sama mempunyai hak dan kewajiban yang harus dipenuhi sehingga ada tanggung jawab dari dua belah pihak.
 
Disisi lain juga diadakan talkshow di Radio Vista FM dimana konsumen diajak cerdas ketika bertransaksi dan lebih teliti ketika melakukan pembelian.  Burhan selaku senior dan pelopor di LPKL berpesan agar konsumen selalu membaca dan memeriksa dengan teliti produk yang telah dibeli. “Jangan sudah dipakai 1 bulan baru kembali ke dealer dan mengeluh bahwa ada bagian yang lecet, lha kan masuk akal sebulan kemudian baru dikeluhkan. Yang kayak begitu mo diklaim ke LPKL juga ga kita layani. Kalaupun kita layani, saya lebih menyarankan agar melalui mediasi, ga perlu ke jalur hukum karena menghabiskan waktu, tenaga dan juga biaya,” terang Burhan.
 
 
Dari sisi media massa, Hasyim selaku manager produksi Harian Tribun Pontianak menyatakan bahwa media adalah partner yang netral bagi pelaku bisnis maupun bagi konsumen. Media akan melakukan cover both side artinya jika ada keluhan yang masuk ke sebuah media massa maka seyogyanya dilakukan cross cek terlebih dahulu untuk otentisitas pemberi keluhan sekaligus dilakukan konfirmasi ke pelaku bisnis yang mendapat keluhan.
 
 
“Kita juga tidak akan sembarangan menayangkan sebuah komplain apalagi yang via sms, Tribun akan periksa dulu ini beneran atau cuma orang iseng semata,” lanjut Hasyim. Hal serupa disampaikan oleh blogger TMCBlog yang sudah malang melintang di dunia maya, disampaikan bahwa blogger mempunyai kebebasan dalam mengeluarkan pendapat sehingga terkadang pemain blog menjadi salah kaprah dan membuat artikel sesuka hati penulisnya. Taufik berpesan agar konsumen Kalimantan Barat dapat menjadi blogger yang bertanggung jawab. “Think before posting,” pesan Taufik.
 
Keseluruhan kegiatan ini merupakan kepedulian Astra Motor agar konsumen mendapatkan pelayanan terbaik dari dealer Honda. Salam One Heart!

narasumber  :  http://astramotor.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar